Top Pages

Tips dan Trik Memperbaiki Tangki Honda Tiger Yang Bocor

SiTi 2007
SiTi 2007
Melanjutkan tulisan sebelumnya, kali ini saya coba memberikan tips dan trik memperbaiki tangki Honda Tiger yang bocor sesuai pengalaman saya sebelumnya. Penyakit Tiger yang satu ini memang membuat biker pemilik Tiger kesel. Gimana nggak kesel kalau penyakit ini selalu ada di semua line up Tiger mulai awal kemunculannya. Bahkan ada yang nyletuk kalau tangki Tiger itu dibuat AHM dari bahan kaleng susu.
Nah kalau anda juga seorang pemilik Honda Tiger, coba perhatikan deh, kalau Tiger sudah berumur 5 tahun biasanya masalah ini akan muncul. Masalah ini biasanya muncul ketika motor dalam keadaan mati di rumah kemudian muncul bau bahan bakar yang cukup menyengat keluar dari motor. Kalau sudah terjadi seperti ini coba raba bagian tepi bawah tangki secara  merata tanpa harus melepas tangki motor. Kalau di tangan anda ada bercak atau bekas bau bahan bakar bisa dipastikan tangki anda sudah bocor. Dan kalau masih belum yakin, tangki bisa dilepas dan kemudian diperiksa secara lebih teliti, tentunya dengan mengosongkan terlebih dahulu isi tangki.
Setelah tangki dikosongkan dan kemudian dilepas, bersihkan dengan menggunakan kain lap bagian pinggir tangki tepatnya dibagian sambungan lasnya. Setelah dibersihkan, lubang bocor di tangki akan lebih terlihat, dan biasanya kebocoran tangki Tiger dimulai dari area selang bahan bakar yang menuju ke karburator.
Bocooor Bocooor..
Bocooor Bocooor..
Nah setelah lubang bocor sudah terlihat, jangan terburu-buru kemudian dibawa ke tukang tambal tangki (las teter tangki dan radiator). Sebagian orang yang tidak tahu memang biasanya akan segera membawa tangkinya ke tukan las teter untuk ditambal. Efeknya jika terburu-buru dibawa ke tukang las teter, seminggu atau dua minggu kemudian pasti akan muncul kebocoran di tempat yang lain, dan yang lain, dan yang lain lagi dan ujung-ujungnya bakalan kesel dan akhirnya ganti tangki baru.
Setelah ketahuan dimana lokasi bocornya, coba kemudian ambil obeng minus dan kemudian gores bagian tangki disekitar lokasi bocornya. Gores tangki sampai tidak lagi ditemukan ada lubang bocor karena memang biasanya kebocoran tangki itu tidak hanya ada di satu lokasi saja.
Gesek Tangki
Gesek Tangki
Setelah tidak lagi ditemukan lubang bocor pada tangki, anda bisa kemudian bawa tangkinya ke tukang las teter untuk ditambal. Atau menggunakan cara yang saya pakai sebelumnya. Tambal bocornya tangki dengan lem besi atau lem epoxy. Berikut beberapa langkah yang bisa diikuti untuk menambal tangki dengan lem epoxy.
Sebelumnya siapkan beberapa peralatan yang dibutuhkan, antara lain
  • Lem besi atau lem epoxy merek dextone
    Lem Epoxy Dextone
    Lem Epoxy Dextone
  • Lem super kuat atau orang biasa menyebutya lem korea
    Lem Korea
    Lem Korea
  • Ampelas halus
    Ampelas Halus
    Ampelas Halus
  • Tube bekas lem pvc atau lembaran alumunium tipis
    Tube Isarplas
    Tube Isarplas
Kemudian ikuti beberapa langkah berikut ini :
  1. Bersihkan dengan mengampelas tangki dengan menggunakan ampelas halus.
  2. Setelah dibersihkan, siapkan lembaran alumunium tipis sesuai banyaknya lubang bocor yang ada
  3. Ampelas lembaran alumunium sampai bersih
  4. Tambal lubang bocor tangki dengan menge-lem lembar alumunium yang sudah dibersihkan tadi
    Tutup Lubang Bocor
    Tutup Lubang Bocor
  5. Setelah benar-benar kering dan menempel kuat pada tangki, tutup tambalan tersebut dengan lem epoxy yang sudah dicampur sesuai petunjuk penggunaan lem tersebut
  6. Keringkan tangki sampai lem epoxy benar-benar kering
    Hasil Jadi
    Hasil Jadi
  7. Tangki siap digunakan kembali
Untuk penutup lubang bocor, bahan fiber yang masih beruba serabut juga dapat digunakan untuk mengganti lembaran alumunium. Jangan lupa lakukan langkah-langkah diatas dengan teliti dan sabar karena semakin baik pengerjaan di masing-masing tahapnya, semakin awet tangkinya.
Saya dapat tips ini dari seorang teman yang anggota salah satu Club Honda Tiger di Jakarta, dan alhamdulillah sampai sekarang tangki Tiger saya dapat digunakan secara normal tanpa ada bocor di bagian lain. Testimoni dari biker lain yang juga menggunakan cara ini katanya tangki dapat bertahan sampai lebih dari satu tahun dari proses penambalan ini, yah lumayan kan satu tahun bisa kita gunakan untuk nabung dan beli tangki baru, hehehe.
Semoga bermanfaat
Sumber data dari;https://myoesuf.wordpress.com/2013/08/30/tips-dan-trik-memperbaiki-tangki-honda-tiger-yang-bocor/
Newer Post Older Post

1 comment: "Tips dan Trik Memperbaiki Tangki Honda Tiger Yang Bocor"

  1. Mantap gan tipsnya, ane juga punya trik menambal tangki, buat teman teman yang lain bisa baca baca dan semoga bisa membantu dan bermanfaat seperti artikel pada blog ini. matur suwoon

    ReplyDelete

No rasis semua biker satu jiwa dan satu saudara diaspal... tetoootttt...