Top Pages

3 HAL PENYAKIT HONDA TIGER PALING SUSAH DIHINDARI

The Legend!

Honda Tiger 2000 adalah salah satu varian motor jenis sport yang bisa dikatakan jadi legenda di Indonesia. Di awal kemunculannya di tahun 1994, motor yang satu ini “melambung tinggi”, para bikers melihatnya bagai moge yang harus dimiliki kalau pengen naekin kesan macho. Dengan basis mesin CB yang di bore up, legenda satu ini bener-bener jadi simbol cowok macho saat itu, sampai sekarang Club Honda Tiger 2000 menjadi salah satu club terbanyak di Indonesia. Astra Honda Motor (AHM) sendiri sudah melakukan 3x facelift untuk membuat motor ini jadi terlihat lebih update secara desain, namun sayangnya masih menggunakan mesin yang sama :(
Saya sendiri adalah penggemar berat motor ini, dan dulu sempat punya angan-angan pengen punya motor ini dan make buat mudik dari Jakarta – Semarang, dan alhamdulillah terwujud di tahun 2003. Dengan motor ini saya sudah 4x touring Jakarta - Semarang - Jakarta dan 3x Jakarta - Jogya - Jakarta, and that is incredible!!!
Namun sayangnya motor ini terkenal dengan 3 “penyakit” utamanya yang nggak habis-habis.
1. Onderdil yang harganya selangit (entah itu karena memang barangnya berkualitas atau…)
2. Gear Set yang sangat berisik
3. Tangki yang gampang bocor
Motor Tiger pertama saya adalah Tiger tahun 2002 terus kemudian ganti dengan Tiger tahun 2006, dan saya sudah ngalamin 3 penyakit itu di Tiger pertama saya, dan herannya penyakit itu juga nular ke Tiger kedua saya, padahal beda 4 tahun lho. Onderdilnya itu lhoo, muahal banget! Bayangin aja nih bohlam lampu depan Tiger terakhir saya beli ada di harga IDR 117.000, padahal bohlam motor sejenis ada di kisaran IDR 25.000 – 50.000 aja >_<!

Penyakit lainnya adalah Gear Set yang berisik banget, entah kenapa motor ini gear set-nya seberisik itu. Saya pernah baca di salah satu tabloid otomotif nasional, infonya rantai Tiger ini jenisnya adalah 520, sejenis dan seukuran dengan rantai forklift..!!! Dan kembali ke penyakit sebelumnya, gear set ini kalau kita mau beli yang orsinil sekarang seharga sekitar IDR 800.000.hadeeehhh... -___-!! Tapi saya juga pernah dapet tips dari banyak mekanik bengkel motor, penyakitgear set yang berisik ini bisa hilang dengan mengganti gear set nya dengan gear set milik Honda Mega Pro, selain lebih murah, komposisi dan ukuran gear set nya membuat tarikan motor jadi lebih enteng. Tapi sayangnya tips ini gak bisa diaplikasikan di motor yang pengendara sehari-harinya ialah orang yang berbadan gemuk..




Dan yang paling bikin geregetan adalah tangki bahan bakarnya yang gampang sekali bocor. Bisa ditandai nih, kalau Tiger kita udah berumur 5 tahun, so siap-siap bakalan muncul penyakit diseputaran tangki, tepatnya tangki yang bocor. Kemudian kebanyakan orang akan cepet-cepet  nyopot tangkinya dan membawanya ke tukang las tangki. Dan bisa saya pastikan dia akan kembali lagi ke tukang las tangki karena akan muncul kebocoran di titik lain lagi. Dan kalo udah kesel bakalan cepet-cepet ganti tangki, fyi aja nih, harga tangki baru ada di sekitaran IDR 400.000 – IDR 500.000. Lebih parah lagi buat bikers yang beraliran orsinil, bakalan susah cari  dan nempelin stiker tangki yang orisinil.
Bocooor Bocooor.. >_<!
Bocooor Bocooor.. >_<!
DI kalangan blogger motor sebenernya sudah beredar kabar bahwa AHM akan membuat versi baru dari Honda Tiger di tahun 2014. Karena AHM sendiri mempunyai target untuk meng-injeksi-kan semua line up motornya paling lambat 2014. Yah semoga saja AHM gak cuman meng-injeksi-kan Tiger, tapi juga bisa memperbaiki kualitas produknya, syukur-syukur bisa revisi total dengan masang monoshock dan upside down untuk suspensinya, bore up mesinnya ke 250cc plus cakepin lagi desainnya, hehehe, ngimpi dikit boleh kaaan..

Coba Tiger kaya gini.. #daydreaming
Ok... next postingangan akan mengulas lebih dalam tentang honda tiger kesayangan anda..
Salam satu aspalll...
Segala macam komentar dan kritik,pertanyaan tulis diblog aja...
Newer Post Older Post

30 comments: "3 HAL PENYAKIT HONDA TIGER PALING SUSAH DIHINDARI"

  1. Klo menurut sy:
    Rantai lbh mahal karna memang lbh kuat
    Tips tangki gampang bocor; lepas selang leveler rest n full d dalam tangki. Selamat mencoba

    ReplyDelete
  2. rantai tiger emang kuat kok, punya saya tahun 2007 masih make rantai bawaan pertama sampe sekarang, udah 49875km baru ada gejala2 aus, tapi masih bisa gas poll.

    ReplyDelete
    Replies
    1. namannya ori emang nggak ada matinya bang..

      Delete
  3. Mantap indahnya berbagi

    ReplyDelete
    Replies
    1. Joooss... bang mari kita berbagi ilmu siapa tau bermanfaat dikemudian hari

      Delete
  4. DI kalangan blogger motor sebenernya sudah beredar kabar bahwa AHM akan membuat versi baru dari Honda Tiger di tahun 2014. Karena AHM sendiri mempunyai target untuk meng-injeksi-kan semua line up motornya paling lambat 2014

    pdahal ini postingan 03-06-2015

    ReplyDelete
  5. Beneran mas..tangki nya yg gmpang bocor cor.

    ReplyDelete
  6. Sparepart mahal mungkin karena masih impor

    ReplyDelete
  7. Sparepart mahal mungkin karena masih impor

    ReplyDelete
  8. Kalau mesin tiger th 2005 punya saya sekarang ini sewaktu jalan bila panas selalu mati sendiri, setelah stop 30 mnt jalan lagi kira" 100 mtr mati lagi begitu sampai sekarang, ini udah berjalan hampir 1 thn.....
    Sampai" sy sudah ganti coil, fulsher, qprok, cdi baru.....tapi hasilnya tetap sama, bagaimana cara mengatasi ini mas......mohon bantuannya, makasih sebelumnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. karbut rator mas, di cek kalau rusak ganti punya PE, cek juga selang bensin, pengaruuh juga

      Delete
  9. Kalau mesin tiger th 2005 punya saya sekarang ini sewaktu jalan bila panas selalu mati sendiri, setelah stop 30 mnt jalan lagi kira" 100 mtr mati lagi begitu sampai sekarang, ini udah berjalan hampir 1 thn.....
    Sampai" sy sudah ganti coil, fulsher, qprok, cdi baru.....tapi hasilnya tetap sama, bagaimana cara mengatasi ini mas......mohon bantuannya, makasih sebelumnya

    ReplyDelete
  10. Sy jg pake ini, diberikan sewaktu ultah Sy yg ke17, namnya Baby Black, selama dibeli Sy bru sekali ganti gear set, tp dibanding motor Honda Mega Pro punya Bapak, Baby Black mash awet smpe sekarng tp ada sedkit maasalh, kampas rem belakangnya it loh (istilah sini) "makan" jd bawaany berat, mau ganti yg orisinil di sini susah dapatny, :(

    ReplyDelete
  11. Tiger tea mesin awet panyakit awet, ane piara tiger 2006 beli second (2013 - sekarang) Alhamdulillah bulanannya irit cuman ganti oli 2 bulan sekali service karbu nya 6 bulan sekali tetap lancar jaya (mesin kaizen) mantap

    ReplyDelete
  12. HONDA TIGER 2007
    GOOD JOB...

    ReplyDelete
  13. Kalo masalah honda tiger pas ditrap kok susah ya bang, terus klo udah bisa ditrap, gak lama kemudian mesinnya mati, padahal udah saya kencengin gasnya??

    ReplyDelete
  14. Suhu, mohon info bang, tanki motor Honda tiger revo 2011 saya bocor, toko penjualan part orisinalnya ada dimn ya bang?

    ReplyDelete
  15. Mantap. Terimakasih info nya bos..

    ReplyDelete
  16. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  17. Masalah tangki tiger yang bocor
    Ini salah satu solusi nya ketika beli tangki yang baru nanti nya juga akan bocor lagi karena korosi / karat.
    Tangki lama saya yang sudah bocor di tambal dengan galvanis dan bagian dalam tangki sekaligus dilapisi dengan resin / epoxy supaya tidak mudah berkarat kembali.
    Untuk tempat pengerjaan nya saya ke bengkel JAVA MOTOR daerah BOGOR (tahun 2015 harga pengerjaan All in sekitar 500 ribu termasuk modif tutup tangki ninja)
    : ini alamat nya >>
    Java Motor
    Motorcycle repair shop in Bogor
    Jl. Merdeka No.71 Kebon Kelapa, Bogor Tengah, Kota Bogor, Jawa Barat 16111
    No Hp : 0856-9131-1100
    Semoga bermanfaat..

    ReplyDelete
  18. Knalpot tiger klo di bedel pqmesin standart bunyinya bagus gag ya

    ReplyDelete
  19. Knalpot tiger klo di bedel pqmesin standart bunyinya bagus gag ya

    ReplyDelete
  20. Maaf kalo tangki kehujanan suka lama nyalain nya
    Solusinya gmn yah...

    ReplyDelete
  21. Bos apakah Tiger taun 2009 ke atas mesinya gampang rusak ? Mohon di tanggapi bosku semua

    ReplyDelete
  22. Tigi ku kluaran 2009. Mesinnya msih mantap. Baru sekali ganti tensioner, 2x ganti keteng, 1x knvas kopling, seher jadi naik 50...yg lain masih ori..... perhatiin sllu ganti oki tepat waktu, cara pemakaian yg bijaksana.... mesin awet bro

    ReplyDelete

No rasis semua biker satu jiwa dan satu saudara diaspal... tetoootttt...