The Legend! |
Honda Tiger 2000 adalah salah satu varian motor jenis sport yang bisa dikatakan jadi legenda di Indonesia. Di awal kemunculannya di tahun 1994, motor yang satu ini “melambung tinggi”, para bikers melihatnya bagai moge yang harus dimiliki kalau pengen naekin kesan macho. Dengan basis mesin CB yang di bore up, legenda satu ini bener-bener jadi simbol cowok macho saat itu, sampai sekarang Club Honda Tiger 2000 menjadi salah satu club terbanyak di Indonesia. Astra Honda Motor (AHM) sendiri sudah melakukan 3x facelift untuk membuat motor ini jadi terlihat lebih update secara desain, namun sayangnya masih menggunakan mesin yang sama
Saya sendiri adalah penggemar berat motor ini, dan dulu sempat punya angan-angan pengen punya motor ini dan make buat mudik dari Jakarta – Semarang, dan alhamdulillah terwujud di tahun 2003. Dengan motor ini saya sudah 4x touring Jakarta - Semarang - Jakarta dan 3x Jakarta - Jogya - Jakarta, and that is incredible!!!
Namun sayangnya motor ini terkenal dengan 3 “penyakit” utamanya yang nggak habis-habis.
1. Onderdil yang harganya selangit (entah itu karena memang barangnya berkualitas atau…)
2. Gear Set yang sangat berisik
3. Tangki yang gampang bocor
2. Gear Set yang sangat berisik
3. Tangki yang gampang bocor
Motor Tiger pertama saya adalah Tiger tahun 2002 terus kemudian ganti dengan Tiger tahun 2006, dan saya sudah ngalamin 3 penyakit itu di Tiger pertama saya, dan herannya penyakit itu juga nular ke Tiger kedua saya, padahal beda 4 tahun lho. Onderdilnya itu lhoo, muahal banget! Bayangin aja nih bohlam lampu depan Tiger terakhir saya beli ada di harga IDR 117.000, padahal bohlam motor sejenis ada di kisaran IDR 25.000 – 50.000 aja >_<!
DI kalangan blogger motor sebenernya sudah beredar kabar bahwa AHM akan membuat versi baru dari Honda Tiger di tahun 2014. Karena AHM sendiri mempunyai target untuk meng-injeksi-kan semua line up motornya paling lambat 2014. Yah semoga saja AHM gak cuman meng-injeksi-kan Tiger, tapi juga bisa memperbaiki kualitas produknya, syukur-syukur bisa revisi total dengan masang monoshock dan upside down untuk suspensinya, bore up mesinnya ke 250cc plus cakepin lagi desainnya, hehehe, ngimpi dikit boleh kaaan..
Ok... next postingangan akan mengulas lebih dalam tentang honda tiger kesayangan anda..
Salam satu aspalll...
Segala macam komentar dan kritik,pertanyaan tulis diblog aja...
Salam satu aspalll...
Segala macam komentar dan kritik,pertanyaan tulis diblog aja...
Klo menurut sy:
ReplyDeleteRantai lbh mahal karna memang lbh kuat
Tips tangki gampang bocor; lepas selang leveler rest n full d dalam tangki. Selamat mencoba
Sangat berguna tipsnya bang...
DeleteSangat berguna tipsnya bang...
Deleterantai tiger emang kuat kok, punya saya tahun 2007 masih make rantai bawaan pertama sampe sekarang, udah 49875km baru ada gejala2 aus, tapi masih bisa gas poll.
ReplyDeletenamannya ori emang nggak ada matinya bang..
DeleteMantap indahnya berbagi
ReplyDeleteJoooss... bang mari kita berbagi ilmu siapa tau bermanfaat dikemudian hari
DeleteDI kalangan blogger motor sebenernya sudah beredar kabar bahwa AHM akan membuat versi baru dari Honda Tiger di tahun 2014. Karena AHM sendiri mempunyai target untuk meng-injeksi-kan semua line up motornya paling lambat 2014
ReplyDeletepdahal ini postingan 03-06-2015
Beneran mas..tangki nya yg gmpang bocor cor.
ReplyDeleteSparepart mahal mungkin karena masih impor
ReplyDeleteSparepart mahal mungkin karena masih impor
ReplyDeleteKalau mesin tiger th 2005 punya saya sekarang ini sewaktu jalan bila panas selalu mati sendiri, setelah stop 30 mnt jalan lagi kira" 100 mtr mati lagi begitu sampai sekarang, ini udah berjalan hampir 1 thn.....
ReplyDeleteSampai" sy sudah ganti coil, fulsher, qprok, cdi baru.....tapi hasilnya tetap sama, bagaimana cara mengatasi ini mas......mohon bantuannya, makasih sebelumnya
karbut rator mas, di cek kalau rusak ganti punya PE, cek juga selang bensin, pengaruuh juga
DeleteKalau mesin tiger th 2005 punya saya sekarang ini sewaktu jalan bila panas selalu mati sendiri, setelah stop 30 mnt jalan lagi kira" 100 mtr mati lagi begitu sampai sekarang, ini udah berjalan hampir 1 thn.....
ReplyDeleteSampai" sy sudah ganti coil, fulsher, qprok, cdi baru.....tapi hasilnya tetap sama, bagaimana cara mengatasi ini mas......mohon bantuannya, makasih sebelumnya
pulser nya boss di ganti
DeleteSy jg pake ini, diberikan sewaktu ultah Sy yg ke17, namnya Baby Black, selama dibeli Sy bru sekali ganti gear set, tp dibanding motor Honda Mega Pro punya Bapak, Baby Black mash awet smpe sekarng tp ada sedkit maasalh, kampas rem belakangnya it loh (istilah sini) "makan" jd bawaany berat, mau ganti yg orisinil di sini susah dapatny, :(
ReplyDeleteBukalapak banyak bos
DeleteTiger tea mesin awet panyakit awet, ane piara tiger 2006 beli second (2013 - sekarang) Alhamdulillah bulanannya irit cuman ganti oli 2 bulan sekali service karbu nya 6 bulan sekali tetap lancar jaya (mesin kaizen) mantap
ReplyDeleteHONDA TIGER 2007
ReplyDeleteGOOD JOB...
Kalo masalah honda tiger pas ditrap kok susah ya bang, terus klo udah bisa ditrap, gak lama kemudian mesinnya mati, padahal udah saya kencengin gasnya??
ReplyDeleteSuhu, mohon info bang, tanki motor Honda tiger revo 2011 saya bocor, toko penjualan part orisinalnya ada dimn ya bang?
ReplyDeleteMantap. Terimakasih info nya bos..
ReplyDeleteThis comment has been removed by the author.
ReplyDeleteMasalah tangki tiger yang bocor
ReplyDeleteIni salah satu solusi nya ketika beli tangki yang baru nanti nya juga akan bocor lagi karena korosi / karat.
Tangki lama saya yang sudah bocor di tambal dengan galvanis dan bagian dalam tangki sekaligus dilapisi dengan resin / epoxy supaya tidak mudah berkarat kembali.
Untuk tempat pengerjaan nya saya ke bengkel JAVA MOTOR daerah BOGOR (tahun 2015 harga pengerjaan All in sekitar 500 ribu termasuk modif tutup tangki ninja)
: ini alamat nya >>
Java Motor
Motorcycle repair shop in Bogor
Jl. Merdeka No.71 Kebon Kelapa, Bogor Tengah, Kota Bogor, Jawa Barat 16111
No Hp : 0856-9131-1100
Semoga bermanfaat..
Knalpot tiger klo di bedel pqmesin standart bunyinya bagus gag ya
ReplyDeleteKnalpot tiger klo di bedel pqmesin standart bunyinya bagus gag ya
ReplyDeleteTiger mantab jiwa
ReplyDeleteMaaf kalo tangki kehujanan suka lama nyalain nya
ReplyDeleteSolusinya gmn yah...
Bos apakah Tiger taun 2009 ke atas mesinya gampang rusak ? Mohon di tanggapi bosku semua
ReplyDeleteTigi ku kluaran 2009. Mesinnya msih mantap. Baru sekali ganti tensioner, 2x ganti keteng, 1x knvas kopling, seher jadi naik 50...yg lain masih ori..... perhatiin sllu ganti oki tepat waktu, cara pemakaian yg bijaksana.... mesin awet bro
ReplyDelete