Cara Mengatasi Motor Yang Mati Mendadak
Ketika motor anda mati menddak anda tidak perlu panik,kita harus tenang
dalam mengatasi hal ini karna jika kita panik kita akan kehilangan
kontretasi dalam mengatasi motor kita. Untuk mengatasi hal ini, ikuti
langkah berikut.
Cara Mengatasi
BagianPerbensinan Apabila pada bagian ini terjadi kekotoran maka aliran
bensin akan tersumbat, juga bensin yang terdapat campuran baik air atau
minyak tanah, hal ini akan menyebabkan kematian mendadak pada mesin
karna gas yang diperlukan tidak sesuai lagi. Pada motor yang ada
saringan bensinnya sebaiknya dipasang selalu dibersihkan pada saringan
bensinnya. untuk motor yang tidak ada saringan bensinnya sebaiknya
dipasang saringan bensin, karna bisa menyaring kotoran yang masuk.
Platina Atau CDI
1. Platina
Platina banyak digunakan pada motor honda, ini tergantung pada
piringan platina ayau setelan nafhur. Platina yang kotor /jarak
renggangnya terlalu rapat akan berpengaruh pada mesin, maka platina
harus bersih dan untuk membersihkannya dapat menggunakan kertas amplas
yang halus. Juga jarak renggang platina antara 1-1 1/2 mm. untuk
merengangkan platina tidak boleh merenggankan platina tersebut tidak
boleh mengetuk karna mengakibatkan ketidak rataan yang mengakibatkan
keluarnya bunga api ke busi tidak sebesar bunga api yang ujung
platinanya rata, hal ini akan membuat ketidak setabilan motor.
2. CDI
CDI ini telah banyak digunakan segala motor karna dengan adanya
CDI akan mempermudah mengatasinya, cukup tinggal mengganti CDInya saja
apabila terjadi kerusakan pada CDI.
"Caburator"
ini sangat beguna sekali, dalam proses percampuran gas dengan
udara, maka dari itu kaburator harus bersih dari kotoran. Juga setelan
pada pelampung harus tepat karena akan mengakibatkan motor susah hidup
apabila terlalu banyak bensin (banjir).
"Coil/Coil Ignition dan kondesor "
Pada motor honda atau apabila coilnya panas mesin tidak dapat
hidup, karena aliran setrumnya yang dari accu tidak di teruskan kebusi
melainkan habis terhisap oleh coil. maka coil demikian harus diganti
dengan yang baru.
"Condensator atau condersor" ini tergantung dengan coil yang
letaknya berada ditengah antara coil dan platina. gunanya untuk menerima
setrum yang diloncatkan platina dan diubah oleh condersor untuk
memenuhi kebutuhan mesin yang melalui perantara coil. Tanda tanda I yang
rusak ialah pada platinanya sering kotor, waktu dihidupkan terjadi
ledakan di kenalpot. Untuk itu kondersornya harus diganti.
"Busi"
Untuk mengetahui kerusakan pada alat ini ialah dengan
jalan melepas busi dari tenpatnya, kemudian dites apakah bunga api yang
keluar dari coil. apabila bunga api keluarnya tepat ditengah pada ujung
busi maka busi itu masih baik.
"Battery/accu"
Untuk jenis motor honda accu harus dalam keadaan baik karena accu di
gunakan untuk menentukan hidupnya mesin. Biasanya accu bergabung pada
sekring apabila tidak ada aliran setrom, maka periksalah sekringnya.
Karena mengganti aliran setrom yang langsung biasa di gunakan sekring.
Untuk pengisiannya diperlukan wireharnos (kiprok) yang baik. karena
kiprok yang rusak langsung berpengaruh pada battery/accu.
Untuk memeriksa dapat menggunakan dengan cara melepas kabel. yang
apinya yang keluar dari ac generator. Kemudian lakukan kembali api
keluar dari kiproknya. Apabila stromnya keluar dengan baik, terus
lakukan pemeriksaan pada accunya yang kemungkinan accu tidak menyimpan
setrom. Dan apabila setrom di accunya terpakai maka akan habis karena
tidak ada pengisian lagi.
SEMOGA BERMANFAAT.
slamat mencoba dan berikan kritik dan saran diblog saja
hoky
ReplyDeleteBonus
menang banyak
jackpot