Kadang
motor suka bermasalah kalau digeber mendadak, motor seakan keselek
laksana kehabisan bensin total. Dalam keadaan begini, penyebab utama
yang paling dicurigai oleh biker berpengalaman pastinya karburator.
Biasanya, kalau karburator sudah dilengkapi dengan pompa bensin, bagian
inilah yang macet bin mampet. Ketika grip gas diputar mendadak, ban
depan harusnya terasa terangkat (nggak harus standing lho..), eh ini
malah terasa motor mau nyungsep.
Biasanya
yang dilakukan adalah menservis karburator, membersihkan busi dan
memastikan kabel-kabel beserta soket terpasang sempurna. Namun, ketika
ditest gas mendadak ketika motor jalan dalam kecepatan sedang, motor
masih mengalami problema yang sama, bisa jadi ada yang berkomentar:
karbu sudah error, ganti! Atau menuding pompa bensin di karburator yang
sudah mampet! Nah, karena sudah diservis masih mampet juga, ya mau tidak
mau harus ganti karburator doong.. Untuk pemilik mtor macam Honda
Tiger, karbu orsi harus ditebus 1,3 jutaan… pediiiiiiihhh… Sedangkan
karbu imitasi China yang bentuknya sama persis bawaan Tiger memang masih
di bawah 350 ribu, tetapi yang jual pun geleng-geleng ketika
ditanyakan: “kuat berapa lama??” Bahkan doi tidak merekomendasikannya!
Sebelum
puyeng sampai ganti karburator segala, coba pastikan keadaan intake
manifoldnya. Bisa jadi di motor yang sudah berumur dan suka melintas
jalanan rusak, bagian ini sudah bocor atau retak. Kalau halus, begitu
tuh gejalanya, ketika digas mendadak, motor malah seakan mau mati
mesinnya! Ini diakibatkan campuran gas bakar terlalu banyak udaranya,
yang masuk lewat retakan di manifold itu. Kalau sudah parah, biasanya
motor tidak bisa hidup Bro… Ane malah pernah naik Tiger Hitam melewati
kawasan Villa Cinere Mas yang jalanannya seru dilibas naik motor enduro,
eh selepas melewati jalan rusak dan banyak polisi tidur, mendadak Tiger
Hitam mati, bensin mengucur terus dari saluran pembuangan bensin di
karburator. Motor coba diselah-selah tidak bisa hidup, ganti busi juga
tidak… Dan setelah dicek, ternyata intake manifoldnya bukan bocor lagi
(gejalanya sudah terasa cukup lama, lebih dari setahun lah…), kali ini
doi sudah benar-benar pecah! Solusinya ya ganti…onderdil ini yang
diproduksi AHM untuk Tiger dibanderol 50 ribu, sedangkan yang KW2 bisa
didapat seharga 30 ribu (tergantung bengkel lah…)
sumberdata dari : http://smoothcrue.blogspot.com/2011/12/masalah-kehidupan-motor-tiger-mati.html
Silahkan koment dan kritik diblog.
Tanya gan motor tiger saya aki suka tekor dan listrik kadang suka ilang sendiri trs klo di gas gk mw nyala..
ReplyDeleteUdah bener kang?
DeleteGan,Mau Tanya nih
ReplyDeleteTiger ane lagi mau jalan,
Ane lepas kopling nya tiba tiba kaya loyo gitu, terus mati gan,
Apanya itu ya?