Top Pages

Tiger goyang dombret dan kasar- Pertanyaan dari pengunjung bisa dijadikan bahan diskusi dan sumber info

Email ini sudah lama masuk redaksi SF , ga salah kalau SF jadikan bahan artikel saat ini berhubung kehabisan inspirasi  :mrgreen:
pertanyaan tiger
Copas dulu pertanyaan bro fahmi :) …
Selamat Malam.
Salam kenal Mas Yanuar.
Saya Fahmi  dari Rembang. mohon perkennakna saya untuk bertanya soal
motor tiger.
2 bulan lalu saya dapat lungsuran motor tiger revo tahun 2008 dari
saudara. keadaanya fisik luarnya bagus terawat, akan tetapi feel saya
saat berkendara dak sepuas melihat tampilannya. sebagai contoh:
1. waktu riding diatas jalan habis kerukan (beralur, atau  jalan yang
banyak jendolannya, motor suka belok ke kanan atau ke kiri. terkesan
oleng.
2. pada saat saya gas di atas rpm 6000, terderang suara aneh dari
mesin. dan terraasa getaran yang cukup menggangu.
kecepatan yang saya berani  mengendarai motor ini hanya 100km/jam.sisa
gas kemungkinan masih banyak.
apakah mas yanuar punya saran untuk permasalahan saya diatas?
mohon maaf jika ada kata-kata yang kurang tepat.
hormat saya,
fahmi
OK dah SF coba Jawab berdasarkan pengalaman…
1. Bisa jadi kondisi kaki-kaki bermasalah . Diantaranya boss arm, laher roda. cara ngeceknya motor di standar tengah trus roda belakang di goyang-goyang kanan kiri. kalau roda goyang yang ditandai dengan perubahan jarak bibir ban dengan rantai/ arm kemungkinan besar laher roda minta ganti.  Coba goyang juga ARM kalau goyang kanan kiri berarti boss armnya kena. Sekalian cek kondisi shock apakah ada kebocoran atau kerusakan karet boss. Eh ya cek juga kondisi laher ban depan. Eh ya komstir oblag bisa juga bikin ga stabil (klo ini terdeteksi saat direm depan krasa jeglegh dari sektor komstir, kalau parah saat distandard tengah kondisi ban depan terangkat setang ditolehkan kanan-kiri ga mulus gerakannya)
Selain kondisi kaki-kaki, kondisi bodi miring juga bikin motor ga stabil
Maklum motor bekas… kudu dicek seksama
2. Kalau suara kasar dari mesin RPM tertentu kemungkinan besar ada pada kamrat dan kawan-kawan (LAT, Lidah Tensioner), laher noken oblagh/ goyang juga bisa jadi.Ini penyakit tiger yang melegenda :) Tapi untuk lebih spesific lagi perlu dipastikan sumber bunyinya karena ga mustahil komponen lain berpotensi menimbulkan bunyi seperti celah klep terlalu longgar, stang seher goyang, kopling house goyang, dll
Monggo kalau ada yang mau nambahkan….
Sumber data dari:http://smartf41z.com/2013/11/14/tiger-goyang-dombret-dan-kasar-pertanyaan-dari-pengunjung-bisa-dijadikan-bahan-diskusi-dan-sumber-info/
Newer Post Older Post

1 comment: "Tiger goyang dombret dan kasar- Pertanyaan dari pengunjung bisa dijadikan bahan diskusi dan sumber info"

  1. Assalamualaikum..selamat malam pagi siang sore .
    Saya mau curhat dan sekalian pengen cari tau penyebab dan cara mengatasinya tanpa perlu ke bengkel..
    Saya punya Tiger tahun 2003 mati mendadak pas beres di cuci mau di panasin awal nya nyala tapi cuman beberapa detik itu pun brebet parah padahal saya udah tutup karbu pake plastik biar ga masuk air trus busi juga di tutup pokoknya atasnya ga di siram air cuman di lap doang..saya cek busi memang harus di ganti saya ganti malah susah hidup trus saya bongkar karbu juga aman masih bersih...di kick starter juga kadang ada kdng engga tuh kompresi nya dan kadang suka mental.cek koil aman ada listrik..mohon para suhu pencerahannha untuk soal ini .terimakasih wasslamualaikum

    ReplyDelete

No rasis semua biker satu jiwa dan satu saudara diaspal... tetoootttt...